Kamis, 25 Februari 2016

Mengenal Bahasa Swedia

Bahasa Swedia termasuk ke dalam rumpun bahasa Jermanik Utara dan berkerabat dekat dengan bahasa DenmarkNorwegia, dan Islandia. Orang-orang dengan penutur bahasa-bahasa tersebut umumnya dapat mengerti satu sama lain. Secara umum, orang Swedia dapat mengerti bahasa Norwegia maupun bahasa Denmark, namun tidak dapat membedakan kedua bahasa tersebut.

Bahasa Swedia juga termasuk bahasa resmi di Finlandia, bersama dengan bahasa Suomi. Dengan mempelajari bahasa Swedia, dapat membuka cakrawala kamu tentang negeri-negeri di Skandinavia. Penutur bahasa Swedia tercatat pada tahun 2005 adalah 9,5 juta jiwa. Cukup kecil apabila dibandingkan dengan penutur bahasa besar lain. Penutur bahasa Swedia tersebar di NorwegiaDenmarkFinlandia dan negara-negara baltik

Dibandingkan dengan bahasa Eropa yang lain, bahasa Swedia tergolong mudah dan mirip bahasa Inggris karena tidak menggunakan hukum kasus dan tidak ada perkonjugasian dalam kata kerjanya. Namun berbeda dengan bahasa Inggrisbahasa Swedia masih mengenal pembagian jenis genus dalam kata benda, yaitu genus umum (utrum) dan genus netral (neutrum).

Kebanyakan orang Swedia yang terlahir setelah Perang Dunia II dapat berbicara atau mengerti bahasa Inggris dengan sangat baik. Kamu akan lebih mudah memahami Swedia tanpa pengetahuan lebih dalam tentang bahasa Swedia. Kamu akan menemukan hanya beberapa percakapan dasar dalam bahasa Swedia sudah sangat membuat orang Swedia merasa “wah”. Dan ini peluang baik untuk membentuk suatu komunikasi yang lebih dalam lagi. Terkadang dalam menggunakan bahasa asli lawan bicara kita hanya bermaksud untuk menghormatinya, bagaimana cara kita memainkan aturan mereka dalam berkomunikasi.

Mempelajari suatu bahasa berarti belajar memahami budaya di mana bahasa itu dituturkan dan bagaimana cara para penuturnya berbahasa. Dengan mempelajari satu bahasa, berarti kita telah membuka satu dunia baru.

Tidak ada bahasa yang tidak memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dipelajari, namun walaupun begitu, selama mempelajari bahasa ini kamu akan segera mengerti dan memahami akan banyak kata. Kamu akan mulai mengerti apa-apa yang dibicarakan orang-orang dan apa-apa yang tertulis di surat kabar dan berita utama dalam koran Swedia. Kita cukup bersyukur dalam mempelajari bahasa Swedia, karena kita dimudahkan oleh fakta bahwa bahasa Swedia telah meminjam ribuan kata dari Bahasa Jerman, Prancis, dan Bahasa Inggris; beberapa kata-kata umum di Bahasa Inggris telah dipinjam dari bahasa Viking. Ini berarti, bahwa beberapa kata-kata bahasa Swedia akan terasa familiar di telinga kamu

Perlu diketahui, bahasa lebih dari sekedar deretan perkataan; tanpa pengetahuan dasar akan grammar, maka kecakapan ilmu bahasamu hampir bisa dipastikan menjadi sangat terbatas.


PERKENALAN

Beberapa orang berkata bahwa Orang Swedia pada umumnya bersifat kaku bila dibandingkan dengan orang-orang dari negara mereka. Pada dasarnya sama saja, setiap bangsa di dunia inipun ada yang bersifat dingin maupun bersifat hangat. Kamu akan segera temukan bahwa ada Orang Swedia yang penuh kasih, sangat baik atau mengasyikkan.

Percakapan 1

– Hej! Jag heter ... och kommer från ... Vad heter du?
– Halo! Nama saya ... dan datang dari ... siapa namamu?

– Jag heter …
– Nama saya …

– Var kommer du ifrån? / Var ifrån kommer du?
– Darimana anda datang?

 Jag är från … och studerar svenska här. Jobbar du i Stockholm?
– Saya dari … dan belajar bahasa Swedia disini. Apakah Anda bekerja di Stockholm?

 Nej, jag arbetar inte här; jag är också student.
– Tidak saya tidak bekerja disini; Saya juga pelajar

Pembahasan:

A. Kata ganti orang

Tunggal

subjek
objek
arti
jag
mig/mej
saya
du
dig/dej
kamu
Ni
Er
kamu (bentuk sopan)
han
honom
dia (laki-laki)
hon
henne
dia (perempuan)
den
den
itu (utrum)
det
det
itu (neutrum)

Jamak

subjek
objek
arti
vi
oss
kami, kita
ni
er
Anda/kalian
Ni
Er
Anda/kalian (bentuk sopan)
de
dem
mereka

Pembahasan:

1. Orang Swedia biasanya menggunakan ‘du’ (kamu), tanpa peduli siapa dan apa posisi orang yang diajak bicara itu. Faktanya, Ni (Anda) lebih terkesan anarkis dan umumnya digunakan ketika berbicara dengan orang tua. Dalam bahasa Indonesia, biasanya kita menyelipkan nama orang yang kita ajak bicara, namun hal itu tidak biasa dalam budaya Swedia.

2. O pada kata ‘hon’ diucapkan u

3. Ada dua kata dalam bahasa Swedia yang merujuk pada kata ‘itu. Ini karena dalam bahasa Swedia, masih membedakan mana benda hidup mana benda mati, mana yang masuk genus utrum, mana yang masuk genus neutrum. Kasus ini mirip seperti pembagian genus dalam bahasa Jerman, ‘der, die, das’ atau bahasa Prancis ‘le, la’. Kapan kita menggunakan den atau det itu ditentukan oleh jenis genus kata benda yang dirujuk. Contoh: penggunaan ‘det’: It is cold today ‘Det är kallt idag.’

4. Kata ‘mereka (dedem)’ dieja ‘de’ dan ‘dem’ secara berurutan, tetapi selalu diucapkan ‘dom’.

KATA KERJA

Heter’, ‘kommer’, ‘är’, ‘studerar’, ‘jobbar’ dan ‘arbetar’ adalah kata kerja, yaitu kata yang mewakili perbuatan, bahasa Swedia tidak mengenal konjugasi kata kerja, jadi hanya satu jenis kata kerja yang digunakan untuk tiap kata ganti. Dalam bahasa Inggris kita akan bilang I readyou read, tapi kita menambahkan –s pada kata ganti orang ke-3 tunggal he/she/it reads – Namun dalam bahasa Swedia: Jag kommerdu kommerhon kommervi kommer dst. Hampir semua kata kerja beraturan berakhiran pada -er-ar or -r ketika dalam bentuk present, contoh: ‘hon studerar’ = ‘she studies/is studying’.

Från’ biasanya berubah menjadi ‘ifrån’ ketika berada di depan kata rujukan atau di akhir klausa / kalimat.

NAMA-NAMA NEGARA

Afrika
Áfrika
Iran
Irán
Amerika
Amérika (Nórdamérika, Sýdamérika)
Iraq
Irák
Argentina
Argentína
Ireland
Írland
Asia
Ásien
Israel
Ísrael
Australia
Austrálien
Italia
Itálien
Austria
Ö´sterríke
Jepang
Jápan
Belgia
Bélgien 
Latvia
Léttland
Bosnia
Bósnien
Lituania
Litaúen
Brazil
Brasílien
Makedonia
Makedónien
Kanada
Kánada
Meksiko
Méxiko
Chili
Chíle
Norwegia
Nórge
China
Kína
Pakistan
Pakistán
Kroasia
Kroátien
Polandia
Pólen
Ceko
Tjéckien
Portugal
Pórtugal
Denmark
Dánmark
Rumania
Rumä´nien
Eropa
Európa
Rusia
Rýssland
Mesir
Egýpten
Skotlandia
Skóttland
Inggris, Britania Raya
Great Britain
Éngland, Stórbritánnien
Serbia
Sérbien
Estonia
E´stland
Slovakia
Slovákien
Finlandia
Fínland
Slovenia
Slovénien
Prancis
Fránkrike
Africa Selatan
Sýdáfrika
Jerman
Týskland
Spanyol
Spánien
Yunani
Grékland
Swedia
Svérige
Belanda
Hólland, Néderlä´nderna
Swiss
Schweíz
Hungaria
Úngern
Thailand
Thaíland
Islandia
Ísland
Turki
Turkíet
India
Índien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar